GUEST LECTURE TIME: ADI PANUNTUN

4 Apr

This is the first time CI class invited a guest lecture, and the one that invited is ADI PANUNTUN! He is one of creative icons in the country. He is a founder of Sembilan Matahari production house, the producer of cin(T)a movie, and  the one who involved in video mapping of Kota Tua. Actually he is a graduate from ITB, from fine arts faculty, and once he was involved in LFM too! pretty interesting, knowing that actually i go to the same college just like him :p

Well, remembering that actually this session of lecture was delivered in Bahasa, then I guess it will be much easier to elaborate things in Indonesian. Soo, here we goo…

Salah satu materi terpenting yang diberikan Kak Adi adalah mengenai design thinking. Sebenernya apaan sih itu design thinking?  Apakah arti sebenarnya sekeren namanya? Well, kalau kita sudah melihat resultnya, tentu saja iya! Design thinking itu sendiri memiliki kegunaan yang sangat mendukung kita dalam berkreativitas, sehingga kita dapat mencinptakan sesuatu. Dalam penerapan design thinking, kita harus berani! Dan tidak boleh takut dalam berimajinasi dan berkahyal. Tidak perlu ragu untuk melontarkan ide, pendapat maupun inovasi yang terlintas dalam pikiran. Karena dalam design thining tidak ada yang salah, tidak ada yang namanya batasan dalam berekspresi dan berkreasi. Well, adapula step by step yang dilakukan demi menjalankan proses dari design thinking:


Observe –> Synthesize –> Brainstorm –> Vote –> Prototype –> Story tell

 Observe

Langkah pertama yang dilakukan  ialah menganalisa keadaan sekitar. Sebenarnya ini adalah langkah yang umum dilakukan dalan berbagai hal di langkah awal, misalnya saja dalam suatu riset atau dalam suatu perencanaan, observasi pasti dilakukan pada langkah awal demi menjadi dasar dan tolak ukur. Tidak lupa kita harus berinteraksi dengan orang-orang sekitar sekaligus mengindentifikasi hal-hal berkaitan yang akan berguna dalam design thinking

 Synthesize

Setelah kenyang melakukan observasi, issue mengenai masalah atau malah mungkin mengenai peluang akan muncul dari data yang telah disynthesize. Sehingga akan mendapatkan hasil lebih lanjut.

Brainstrom

Setelah menemukan permasalahan akan sesuatu, tentu saja kita akan beninisiatif untuk mencaris sebuah solusi. Solusi tidak selalu mudah untuk didapatkan, atau bahkan sulit bagi beberapa orang. Nah kali ini melakukan brainstorm sangat dianjurkan. Karena dengan melakukan brainstorm setiap ide akan dilontarkan tanpa rasa takut. Pemikiran akan bersifat out of the box. Bisa saja dalam proses ini akan lahir ide-ide brilian yang memecahkan permasalahan

Vote

Dalam proses brainstorm, bisa saja tidak hanya ada satu ide yang ada, melainkan puluhan atau mungkin ratusan? Tidak ada yang tahu. Nah tentu saja pada akhirnya kita hanya bisa memilih satu atau beberapa paling tidak. Nah proses pemilihan ini dapat dilakukan dengan vote. Setelah vote dilakukan, kita bisa memiliki arahan step apa yang akan dilakukan. Ohya, dan tentu saja vote tidak dapat dilakukan seenaknya, tetapi juga harus dengan melibatkan berbagai pertimbangan yang objektif. Demi tercapainya tujuan yang diinginkan

Prototype

Mengenai sebuah ide produk, tentu saja ide akan sebuah produk itu sebelum diluncurkan ke pasar akan melewati tahap market test dulu dengan membuat sebuah prototype. Respon yang ada akan dievalusi terlebih dahulu agar produk yang nanti diluncurkan akan terbentuk dengan konsep yang maksimal.

Story Tell

Kemudian  tahap akhir dalam proses design thinking  ialah dengan menceritakan hasil dari pemikiran dengan cara mempresentasikan atau mempublikasikannya. Sehingga akan meningkatkan nilai jual produk kita.

Adapula contoh kasus berkaitan  yang sering kita dengar yaitu mengenai kebangkitan Teh Botol Sosro dan Aqua!

The Botol Sosro adalah sebuah bisnis yang didirikan oleh Bapak Sosrodjoyo di daerah Slawi dan Tegal, Jawa Tengah. Idenya ialah ide yang sangat simple sebetulnya namun sangat inovatif karena sebelumnya belum ada yang memikirkannya, idenya ialah memasukkan teh ke dalam botol sehingga praktis dan bisa dibawa kemana-mana, tidak perlu menyeduh dahulu. Awalnya ia menerima ledekan dan cemoohan namun dengan berjalannya waktu semua orang menjadi familiar dan menjadikan produk ini super sukses. Siapa yang ga setuju?

Case kedua adalah air mineral Aqua yang didirikan oleh Bapak Tirto Utomo. menawarkan added value yakni air mineral yang dapat diminum dalam kemasan sehingga praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Memiliki kendala yang sama yaitu menerima hinaan dan ejekan, namun ia tidak gentar dan tidak peduli, sebaliknya ia malah meneruskan bisnisnya. Hingga saat ini Aqua berada di top of mind bagi consumer air mineral.

APPLE & BOARD MARKER

“Sebutkan hubungan antara spidol (board marker) dengan buah apel!” merupakan pertanyaan yg dilontarkan oleh kak Adi pd saat kuliah CI. Tentu saja para murid bingung memperdebatkan mengenai apa hubungannya antara kedua benda yg sama sekali ngga berhubungan itu. Sampai akhirnya saya menyadari bahwa apel merupakan buah yg sering dibawa oleh para murid sekolah untuk diberikan pada gurunya setiap pagi dan board marker sendiri merupakan alat tulis yg banyak dipakai pada kegiatan belajar mengajar di sekolah belakangan ini. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa buah apel dan board marker  memiliki hubungan yang sebetulnya sangat dekat dalam bidang pendidikan, di mana para murid memberikan apel kepada guru sebagai ucapan terima kasih telah memberikan mereka pendidikan yg pasti akan berguna bagi masa depan mereka. Semntara sang guru memberikan pengajaran melalui papan tulis dituliskan dengan menggunakan board marker. Jadi sebenarnya kedua benda tersebut memiliki makna tersirat secara simbolis! Pada awalnya sama sekali tidak ada hubungannya sama sekali. Tetapi setelah ditelaah lebih lanjut ternyata memiliki makna yang amat sangat erat.

TRADITIONAL BUSINESS STRATEGY CLASS VS INNOVATION&DESIGN CLASS

Pada kesempatan itu ini, Kak Adi memberikan pandangannya mengenai perubahan terhadap retail marketplace di 10 tahun yg akan datang dan bagaimana kita harus meresponnya. Elemen yang dapat mempengaruhi ialah:

1. Traditional Business Strategy: Strategi bisnis pada umumnya, di mana seseorang menentukan strategi dalam berbisnis dengan cara menganalisa trend yg sedang ada dan juga mempertimbangkan data-data mengenai demand pasar pada suatu masa. pendekatan yg dilakukan terkesan kaku dan terstruktur karena pada ada paham tradisional dimana, people are tends to believe that market will accept for something that could be proved by analyzing some numeric data about the market demands and supplies and find the best answer to decide it!

2. Innovation and Design: pada zaman modern ini, pendekatan melalui innovation and design approach sangatlah efektif! Karena ada kecenderungan dimana orang-orang mulai tertarik dengan sesuatu yang berbeda, unik dan inovatif! Melalui pendekatan ini, dipercaya kita dapat menghasilkan sesuatu yg way better from our expectation before. Karena kita menjadi terus berpacu untuk menghasilkan inovasi-inovasi baru demi memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar. Terutama dalam bidang teknologi, trend dalam memiliki produk-produk teknologi kian menjamur. Buktinya, sekarang banyak sekali yang beralih ke Blackberry, dan makin banyak orang yang memiliki komputer Apple. Innovasi dalam berdesain telah menjadi trend, dan akan terus seperti itu menurut prediksinya di masa depan

Advertisements

One Response to “GUEST LECTURE TIME: ADI PANUNTUN”

  1. portal April 18, 2014 at 7:08 pm #

    Howdy! I know this is somewhat off topic but I was wondering which blog platform are
    you using for this site? I’m getting tired
    of WordPress because I’ve had issues with hackers and I’m looking at options for another platform.
    I would be awesome if you could point me in the direction of a good
    platform.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: